Menu Melayang

Jumat, 12 Agustus 2022

Kapasitas produksi mesin es balok


Mesin adalah alat yang diciptakan oleh manusia untuk membuat suatu barang / benda secara otomatis dan fungsinya sendiri adalah untuk memudahkan manusia dalam membuat barang tersebut. Dalam proses pembuatannya, tentunya mesin ini mempunyai kecepatan dalam memproduksi barang tersebut. Kecepatan mesin dalam memproduksi barang tersebut dengan jumlah tertentu di sebut dengan Kapasitas Produksi. Berbicara lebih lanjut mengenai kapasitas produksi, maka kita akan bercerita lebih banyak mengenai kapasitas produksi mesin es balok ini.


    Apa itu kapasitas produksi mesin es balok ?

    Kapasitas produksi mesin es balok adalah banyaknya barang (dalam hal ini kita sebut es balok) yang di produksi oleh mesin tersebut selama kurun waktu tertentu. Kurun waktu yang dibutuhkan dalam setiap proses produksi mesin es ini membutuhkan waktu antara 12 jam dan 24 jam kerja. Jadi dalam waktu 12 atau 24 jam tersebut, mesin ini akan memproduksi es balok dalam jumlah tertentu.

    Untuk mengetahui bagaimana mesin es balok ini bekerja, silahkan klik tombol di samping ini Cara Kerja Mesin Es Balok 

    Ada 3 tolak ukur dalam menentukan kapasitas produksi mesin es balok. Diantaranya ukuran cetakan, jumlah cetakan es balok dan terakhir adalah waktu produksi dari mesin es balok tersebut. Jadi Kapasitas produksi mesin ini tentunya berkaitan erat dengan ukuran, jumlah cetakan dan waktu yang digunakan dalam membuat es balok.

    Mari kita bahas lebih lanjut mengenai ketiga tolak ukur tersebut

    Ukuran cetakan es balok

    Cetakan es balok adalah bagian dari mesin pembuat es balok yang berupa wadah berbentuk balok dengan ukuran yang berbeda beda sesuai dengan kebutuhan. Ukuran cetakan es balok ini ditentukan berdasarkan berat es balok yang diinginkan. Jadi intinya ukuran berat es balok ini di rubah menjadi ukuran dimensi atau kubikasi dari cetakan tersebut. Berikut beberapa contoh ukuran cetakan es balok berdasarkan berat es balok.

    Es Balok berat 5 Kg mempunyai dimensi atau ukuran cetakan dengan estimasi Panjang 80 mm Lebar 165 mm dan Tinggi 500 mm

    Es Balok berat 10 Kg mempunyai dimensi atau ukuran cetakan dengan estimasi Panjang 100 mm Lebar 205 mm  dan Tinggi 610 mm

    Es Balok berat 15 Kg mempunyai dimensi atau ukuran cetakan dengan estimasi Panjang 100 mm Lebar 320 mm dan Tinggi 610 mm

    Es Balok berat 20 Kg mempunyai dimensi atau ukuran cetakan dengan estimasi Panjang 120 mm Lebar 320 mm dan Tinggi 750 mm

    Es Balok berat 25 Kg mempunyai dimensi atau ukuran cetakan dengan estimasi Panjang 120 mm Lebar 360 mm dan Tinggi 750 mm

    Es Balok berat 50 Kg mempunyai dimensi atau ukuran cetakan dengan estimasi Panjang 145 mm Lebar 460 mm dan Tinggi 1000 mm

    Es Balok berat 100 Kg mempunyai dimensi atau ukuran cetakan dengan estimasi Panjang 210 mm Lebar 550 mm dan Tinggi 1200 mm

    cetakan es batu balok

    Jumlah cetakan es sesuai kapasitas 

    Selain ukuran cetakan, maka tolar ukur kedua dari kapasitas mesin es balok adalah jumlah cetakan es balok sesuai kapasitasnya.

    Setiap kapasitas produksi mesin es balok mempunyai jumlah cetakan es yang berbeda. Semakin besar kapasitas produksi dari mesin es balok ini, maka jumlah cetakannya akan semakin banyak pula. Berikut contoh perhitungan jumlah cetakan berdasarkan kapasitas.

    Contoh pertama :

    Mesin es balok kapasitas 300 kg.

    Mesin es balok ini bisa menggunakan opsi atau pilihan sebagai berikut :

    Apabila yang dibutuhkan berat es balok 5 kg, maka jumlah cetakannya menjadi 30 atau 60 buah. Kedua perbedaan jumlah cetakan tersebut berdasarkan waktu produksi yang dipakai. Jadi bisa menggunakan waktu produksi 12 jam atau 24 jam.

    Apabila yang dibutuhkan berat es balok 10 kg, maka jumlah cetakannya menjadi 15 atau 30 buah

    Dan apabila yang dibutuhkan berat es balok 15 kg, maka jumlah cetakannya menjadi 10 atau 20 buah saja.

    Contoh kedua :

    Mesin es balok kapasitas 500 kg.

    Mesin es balok ini bisa menggunakan opsi atau pilihan sebagai berikut :

    Apabila yang dibutuhkan berat es balok 10 kg, maka jumlah cetakannya menjadi 25 atau 50 buah dengan durasi waktu produksi 12 jam atau 24 jam.

    Dan apabila yang dibutuhkan berat es balok 25 kg, maka jumlah cetakannya menjadi 10 atau 20 buah saja.

    Untuk contoh contoh yang lain akan di bahas secara mendetail di artikel yang lain sesuai dengan kapasitas produksinya.

    jumlah cetakan es batu balok

    Waktu produksi per kapasitas 

    Dan tolak ukur yang terakhir adalah waktu produksi per kapasitas dari mesin es balok ini. Waktu produksi mesin es ini sangat berkaitan erat dengan jumlah cetakan es balok. Dimana sudah kita bahas diatas bahwa jumlah cetakan es pada setiap kapasitas mesin bergantung pada waktu produksi yang dibutuhkan. Semakin lama waktu produksi yang dibutuhkan, maka jumlah cetakan es balok setiap proses produksinya akan semakin banyak pula.

    Contohnya pada pembahasan mesin kapasitas 300 kg diatas.

    Apabila memakai cetakan es balok dengan berat 5 kg, maka jumlah cetakannya sebanyak 30 dan 60 buah. Penggunaan jumlah cetakan sebanyak 30 buah tersebut, apabila lama produksinya memakan waktu 12 jam. Dan jumlah cetakan sebanyak 60 buah apabila lama produksinya memakan waktu 24 jam.

    Jadi intinya banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk proses produksi berbanding searah dengan jumlah cetakan yang digunakan.

    Macam kapasitas produksi mesin es balok 

    Di pembahasan di atas sudah kita bahas cukup jelas mengenai hubungan antara jumlah, ukuran cetakan dan waktu produksi yang dibutuhkan untuk menentukan jumlah produksi atau kapasitas produksi dari suatu mesin es balok.

    Pada artikel lain juga sudah kita bahas mengenai macam dari kapasitas produksi dari mesin es balok ini, dimana kapasitas mesin es balok terdiri dari beberapa pilihan diantaranya

    Yang pertama
    Mesin es balok mini dengan kapasitas produksi sebanyak 300 kg.
    Untuk informasi lebih lengkap mengenai mesin ini, silahkan klik tombol MEB 003 di bawah ini 

    MEB 003

    Yang kedua
    Mesin es balok dengan kapasitas kecil atau produksi sebanyak 500 kg.
    Untuk informasi lebih lengkap mengenai mesin ini, silahkan klik tombol MEB 005 di bawah ini

    MEB 005

    Yang ketiga
    Mesin es balok dengan kapasitas produksi sebanyak 1000 Kg.
    Untuk informasi lebih lengkap mengenai mesin ini, silahkan klik tombol MEB 010 di bawah ini

    MEB 010

     Yang ke empat
    Mesin es balok dengan kapasitas produksi sebanyak 2000 kg.
    Untuk informasi lebih lengkap mengenai mesin ini, silahkan klik tombol MEB 020 di bawah ini

    MEB 020

    Yang ke enam
    Mesin es balok dengan kapasitas produksi sebanyak 5000 kg.
    Untuk informasi lebih lengkap mengenai mesin ini, silahkan klik tombol MEB 050 di bawah ini

    MEB 050

    Yang ke tujuh
    Mesin es balok dengan kapasitas produksi sebanyak 8000 kg.
    Untuk informasi lebih lengkap mengenai mesin ini, silahkan klik tombol MEB 080 di bawah ini

    MEB 080

    Yang ke delapan
    Mesin es balok dengan kapasitas produksi sebanyak 10.000 kg.
    Untuk informasi lebih lengkap mengenai mesin ini, silahkan klik tombol MEB 100 di bawah ini

    MEB 100

    Dan yang terakhir
    Mesin es balok skala pabrik dengan kapasitas produksi sebanyak 20.000 kg.
    Untuk informasi lebih lengkap mengenai mesin ini, silahkan klik tombol MEB 200 di bawah ini

    MEB 200

    Atau apabila anda ingin tahu bagaimana pemasangan pabrik mesin es balok beserta penampakan unitnya, silahkan klik tombol ini Pemasangan Pabrik Es Balok

    Kesimpulan

    Setelah panjang lebar membahas perihal kapasitas produksi mesin es balok, maka dapat kita simpulkan bahwa kapasitas produksi mesin es balok adalah banyaknya jumlah es balok yang diproduksi oleh mesin tersebut dalam kurun waktu tertentu. Kapasitas produksi ini ditentukan oleh 3 faktor yaitu jumlah cetakan, berat cetakan es dan waktu produksi. Kapasitas produksi dari mesin es balok ini mulai dari 300 kg, 500 kg, 1 ton, 2 ton, 5 ton, 8 ton, 10 ton hingga 20 ton tiap 24 jam kerjanya.

    Blog Post

    Related Post

    Back to Top

    Cari Artikel

    Total Tayangan Halaman