Menu Melayang

Selasa, 09 Agustus 2022

Mesin es balok kapasitas 5 Ton


    Mesin es balok kapasitas 5 ton 

    Mesin ini mengolah es batu berbentuk balok dengan kapasitas produksi sebanyak 5.000 kg dan mesin  ini hanya bekerja dalam 24 jam saja untuk menghasilkan es baloknya. Mesin ini bisa menjadi opsi ke lima bagi para pelaku usaha es balok untuk mencukupi kebutuhan pasar nelayan. Dimana mesin ini mempunyai kapasitas produksi yang lebih besar dari mesin es balok kapasitas 2 ton yang sudah kita bahas sebelumnya.

    Tipe mesin es balok 5 ton 

    Mesin pencetak es balok 5 ton atau setara 5000 kg ini kami rakit di workshop kami (VESTREF Malang). Oleh karena itu kami beri kode mesin ini dengan tipe MEB 050 dimana artinya MEB adalah singkatan Mesin Es Balok sedangkan 050 adalah kode angka yang melambangkan kapasitas produksinya sebanyak 5 ton. 

    Jumlah cetakan mesin es balok 5 ton 

    Mesin ini membutuhkan waktu 24 jam dalam menghasilkan es baloknya. Dimana dalam 24 jam kerjanya, membutuhkan jumlah cetakan sebanyak 200 buah dan menggunakan cetakan es balok seberat 25 kg. Apabila berat es baloknya 50 kg, maka jumlah cetakannya hanya separuhnya atau 100 cetakan. 

    Untuk informasi lebih lengkap mengenai mesin pembuat es balok kapasitas 5 ton ini, mari kita bahas secara detail dari segi kondisi operasional dan spesifikasi teknisnya.

    Spesifikasi mesin es balok 5 ton 

    Kondisi operasional mesin es balok 5 ton 

    Informasi lebih lengkap tentang mesin es balok ber tipe MEB 050 ini, akan kami sajikan dalam bentuk tabel,data teknis dan kelengkapan peralatan MEB 050 seperti contoh di bawah ini.  Tabel kami bagi menjadi 2 data yaitu data kondisi operasional dan data spesifikasi teknis mesin es balok MEB 050. Berikut contoh tabelnya

    Tabel Kondisi Operasional MEB 050

    Spesifikasi Keterangan
    Suhu Air Bahan Baku 28 s/d 30° C
    Suhu Evaporasi - 10 s/d -15°C
    Suhu Kondensasi 40°C
    Media Pendingin R404/R22
    Panen proses es balok 24 Jam
    Operasional mesin Kontrol PLC Otomatis
    Ukuran es balok 1 25 Kg (200 cetakan)
    Ukuran es balok 2 50 Kg (100 cetakan)
    Ukuran es balok 3 100 Kg (50 cetakan)
    Cairan Pendingin Air garam (Brine)

    Contoh foto mesin es balok kapasitas 5 Ton

    mesin pembuat es balok 5 ton

    mesin pembuat es balok kapasitas 5 ton

    harga mesin pembuat es balok kapasitas 5 ton

    Spesifikasi Teknis Mesin MEB 050 :

    Tabel Spesifikasi Teknis MEB 050

    Spesifikasi Keterangan
    Merk Kompresor Bitzer
    Merk Kondensor Guthner
    Model Pendingin Air (Cooling Tower)

    Data dimensi peralatan mesin es balok 5 ton 

    Untuk data teknis selanjutnya, berikut kami infokan data dimensi dari mesin, tangki, katrol cetakan dari mesin es balok MEB 050 ini.

    Dimensi Mesin Estimasi MEB 050
    Panjang : 1.8 meter         
    Lebar : 0.9 meter         
    Tinggi : 1.7 meter         

     Dimensi Over Head Crane Estimasi MEB 050
    Panjang  : 3.7 meter
    Lebar : 2.5 meter
    Tinggi : 3.3 meter 

    Dimensi Tangki brine tank                            :
    Panjang : 4.8 meter
    Lebar : 2.78 meter
    Tinggi : 1.4 meter (model tanam dengan 0.5 m dari permukaan tanah)

    Material konstruksi mesin es balok 5 ton

    Berikut informasi mengenai bahan atau material konstruksi dari tangki cetakan beserta cetakannya, crane atau katrol cetakan,sirkulasi air dan konstruksi mesin pendingin.

    Yang pertama adalah tangki cetakan es balok MEB 050.
    Tangki cetakan / Brine Tank MEB 050 terbuat dari konstruksi Sipil dan terdiri dari 3 lapisan yaitu lapisan luar (bata acian), lapisan tengah PU Slap dan lapisan dalam cor dengan beton eser. Material tutup tangki MEB 050 ini menggunakan PU Slab / Kayu dilapisi dengan steorofoam. Dan Material perpipaan tangki MEB 050 menggunakan Pipa SS 201, flexibel hose (selang plastik) & Pipa PVC AW. Sedangkan untuk cetakan es balok MEB 050 menggunakan material Ms Steel dengan lapisan Galvanis (25 Kg / 50 Kg) 

    Yang kedua adalah Katrol cetakan atau Over Head Crane MEB 050
    Material Konstruksi Over Head Crane MEB 050 terbuat dari besi jenis H Beam dan I Beam dengan rincian sebagai berikut :

    Untuk material Jalur rel crane MEB 050 menggunakan besi I– Beam Carbon dan di lapisi steel finish cat

    Sedangkan untuk material konstruksi Crane MEB 050 menggunakan H – Beam Carbon steel dilapisi cat / Pipa Kotak CS finish cat 

    Yang ketiga adalah sirkulasi air garam
    Untuk mengalirkan air garam pada media pendinginan tangki cetakan MEB 050, kami menggunakan motor Gearbox Agitator full stainless MEB 050 untuk memutar air garam dingin dari bagian evaporator MEB 050 ke tangki perendaman cetakan mesin es balok 5 ton ini.

    Yang terakhir adalah konstruksi mesin pendingin es balok 5 ton
    Dimana material Konstruksi Mesin pendingin Es Balok MEB 050 ini menggunakan besi Karbon UNP yang dilapisi cat. Untuk material konstruksi bawah dan konstruksi atas mesin es MEB 050 ini menggunakan besi karbon UNP yang dilapisi cat sehingga tahan karat.

    Berikut contoh video pemasangan mesin es balok kapasitas 5 ton

    Video pemasangan mesin es balok 5 ton

    Video contoh pemasangan dan percobaan mesin es balok 5 ton di perairan makassar


    Bagian perlengkapan peralatan mesin es balok 5 ton

    Apabila anda membeli unit mesin pembuat es balok  tipe MEB 050, maka kelengkapan unit yang bisa anda dapatkan diantaranya

    Mesin pendingin MEB 050 dilengkapi dengan pendingin air atau udara
    *Cetakan Galvanized 25 Kg / 50 Kg
    *Unit Pengisian air cetakan MEB 050
    *Unit Penggulingan MEB 050
    *Unit Pencelupan MEB 050 (apabila memakai bak sipil maka tidak termasuk)
    *Unit OHC (Over Head Crane) MEB 050

    Sumber air mesin es balok 5 ton

    Sumber air disini adalah banyaknya air tawar yang digunakan untuk mengisi cetakan mesin es balok 5 ton ini. Air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan proses produksi mesin es MEB 050 ini perharinya  adalah sebanyak  5 meter kubik atau setara dengan 5.000 liter per 24 jam.

    Sumber listrik mesin es balok 5 ton

    Sumber listrik adalah banyak nya listrik yang dibutuhkan  untuk menggerakkan motor, pompa dan sistem kelistrikan pada mesin es balok 5 ton ini.

    Kebutuhan listrik mesin es balok 5 Ton :
    Daya Listrik Kompressor sebesar 23 HP (17.7250 Watt / 380V / 3 phase)
    Daya Listrik Pompa Centrifugal (Brine Tank) sebesar 4.000 Watt / 380V / 3 phase
    Daya Listrik Motor pendingin air (Cooling Tower) sebesar 2.200 - 2.500 Watt / 380 V / 3 phase
    Daya Listrik Motor Over head Crane sebesar 1.600 Watt /380V/3 Phase)
    Estimasi Total kebutuhan listrik sebesar 25.350 Watt (25.35 Kw) / 380 V/ 3 phase

    Luas ruangan produksi mesin es balok 5 ton

    Untuk memulai usaha es balok kapasitas 5 ton ini, maka estimasi ukuran ruangan yang dibutuhkan untuk area produksi mesin es balok kapasitas 5 ton ini adalah panjang 11 meter, lebar 6 meter dan tinggi bangunan minimal 4.5 meter). Dengan ukuran tersebut maka dapat disimpulkan luas minimal yang dibutuhkan untuk area peralatan mesin es balok 5 ton ini adalah 66 meter persegi.

    Kami sebelumnya juga sudah membahas mengenai mesin es balok kapasitas 5 Ton ini di website kami yang lain. Apabila anda tertarik untuk mempelajarinya, silahkan klik MEB 050 ini.

    Harga mesin es balok kapasitas 5 ton

    Setelah membahas lengkap mengenai mesin pembuat es balok 5 ton ini, maka tidak ada salahnya kita membicarakan perihal harganya. Harga mesin pembuat es balok 5 ton ini cukup standar. Hal ini dikarenakan mesin ini bisa membuat es balok sebanyak 5000 kg. Oleh karena itu, mesin ini bisa menjadi opsi kelima bagi pemula yang ingin mempunyai usaha es balok untuk sektor perikanan.

    Selain mesin es balok 5 ton ini, customer mempunyai pilihan keenam untuk memulai usaha es balok dengan mesin es balok kapasitas 8 ton dalam 24 jam nya. Untuk informasi lengkap yang membahas mesin es balok 8 ton ini, silahkan klik tautan di bawah ini. 

    Mesin Es Balok 8 Ton

    Kesimpulan

    Dari sekian informasi yang kami jelaskan diatas, maka dapat kami simpulkan bahwa mesin es balok kapasitas 5 ton adalah mesin yang menghasilkan es balok sebanyak 5000 kg dalam 24 jam. 5000 Kg es balok ini terdiri dari cetakan 25 kg atau 50 kg dengan jumlah es balok sebanyak 200 atau 100 pcs. Apabila dilihat dari kondisi operasional dan spesifikasi teknis MEB 050, maka mesin es MEB 050 ini membutuhkan listrik total sebanyak 25,35  KiloWatt dan jumlah air bahan baku sebanyak 5.000 liter dalam kurun waktu 24 jam. Sedangkan dari dimensi konstruksi dan jumlah peralatan mesin es balok 5 ton ini, maka kebutuhan lokasi yang diperlukan adalah minimal 66 meter persegi. Dan untuk informasi harga jual dari mesin es balok 5  ton ini, silahkan hubungi kontak kami di whatsapp.

    Blog Post

    Related Post

    Back to Top

    Cari Artikel

    Total Tayangan Halaman